Laman

Jumat, 28 Oktober 2011

Penemu Mesin Uap

James Watt
James Watt ( 19 January 1736 - 25 Agustus 1819 )  adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi dasar dari Revolusi Industri.

Ayah James Watt adalah pemilik kapal dan kontraktor, dan Ibunya datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan. James Watt lebih banyak mendapat pendidikan dari ibunya dan dia juga berbakat dalam pelajaran matematika.
Ketika dia berumur 18 tahun, Ibunya meninggal dan kondisi kesehatan Ayahnya mulai memburuk, jadi James Watt pergi ke london untuk Belajar instrumen dan peralatan selama 1 tahun, kemudian dia kembali ke skotlandia untuk membuka bisnisnya sendiri. Tetapi karena dia tidak menyelesaikan pembelajarannya, permohonan untuk membuka bisnisnya sendiri jadi terhambat.

Dengan bantuan 3 Profesor dari Universitas Glasgow, James Watt akhirnya diberi kesempatan untuk untuk membuat workshop kecil di Universitas.

Setelah 4 tahun membuka tokonya, James Watt melakukan percobaan dengan uap setelah temannya, Profesor John Robinson, membuat dia tertarik dengan mesin tersebut. Pada saat itu, dia sama sekali tidak pernah mengoprasikan mesin uap, tetapi dia berusaha untuk membuat 1 model mesin. Meskipun gagal, dia terus melakukan percobaannya. Dan akhirnya dia berhasil telah membuat suatu model mesin yang dapat bekerja dengan baik pada tahun 1765.

Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya ata pengembangan mesin uap yang memicu Revolusi Industri, nama Watt dijadikan sebagai suatu energi dengan symbol W oleh International System of Units ( SI ).

SUMBER 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar